You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Kebersihan Buru Pelaku Pembuang Limbah ke Kali
.
photo Izzudin - Beritajakarta.id

Dinas Kebersihan Buru Pelaku Pembuang Limbah ke Kali

Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan memburu pelaku pencemaran dan perusakan lingkungan. Sanksi yang lebih berat diberlakukan untuk memberikan efek jera.

Kami ingin mengoptimalkan punish and reward. Sanksinya sudah jelas ada Operasi Tangkap Tangan (OTT), lalu kami menangkap pelaku pembuang air kotor, pengemudi truk-truk limbah di kali itu kita tangkep

"Kami ingin mengoptimalkan punish and reward. Sanksinya sudah jelas ada Operasi Tangkap Tangan (OTT), lalu kami menangkap pelaku pembuang air kotor, pengemudi truk-truk limbah di kali itu kita tangkep," ujar Isnawa Adji, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Senin (26/10).

Menurut Isnawa, yang terpenting Jakarta harus ketat pengawasannya terhadap penanganan kebersihan. Sebagai contoh, jika ada truk-truk limbah kepergok membuang muatannya sembarangan dan tidak sesuai ketentuan, Polsus Dinas Kebersihan jangan segan-segan menindak tegas pelaku dengan dilakukan penangkapan dan sanksi administratif.

Buang Limbah Sembarangan, Mobil Tinja Bakal Diamankan

"Sanksinya, pertama, kalau yang tidak ada izin, kena denda Rp 5-10 juta. Kedua bagi si pelakunya ada denda Rp 500 ribu," ucapnya.

Isnawa mengatakan, sangat tidak etis membuang air limbah ke kali, sungai atau tanah-tanah kosong. Modus seperti ini sudah sering terjadi. "Perilaku ini tidak benar. Modusnya sering, saya belum cek datanya, harusnya ada data laporan yang masuk, bahwa air kotor itu harusnya ke Duri Kosambi dan Pulogebang tapi kok laporannya tidak optimal, tidak sebanyak kendaraan air kotor," tutur Isnawa.

Rencananya, Isnawa akan mengundang pemilik perusahaan pembuangan air kotor dan limbah. "Seluruh pemilik perusahaan pembuang air kotor itu akan kita undang ke sini. Untuk mengecek izin-izin mereka. Dan akan kita warning, jika tak berizin akan kita sita," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1221 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito